Saturday, July 31, 2010

Hiking & Lokasi Sarang Lebah

Letih dengkul... pegel betis. Liku setapak... turun-tanjak. Dengung satwa... bivak para perambah.. pertanda buka lahan. Aksi deras hujan basuh hijau tajuk dan belukar. Menyusup lorong ilalang.... himpun lagi ion negatif.
Yah, ini sekedar beberapa kesempatan luang yang kami lakukan. Ketika di gayut stagnan jengah, pelarian akrab dengan alam. Sekaligus terapi kesehatan, murah meriah. Salah satunya cukup ber-HIKING disekitar perbukitan, lepas jauh kota Mataram. Cukup kelompok kecil. Ajang silaturahmi semesta dan baur warga dusun.
Dan bagi saya tentu ada muatan lain. Ini menjadi peluang untuk mendapatkan informasi letak sarang lebah hutan, dari para perambah yang keluar-masuk belantara. Dan seperti biasa, harus menghargai kode etik yang berlaku umum. Pihak informan selalu minta dilibatkan dalam aksi rencana panen. Bisa dengan gabung secara personal atau utus pihak keluarga yang ktiban amanat. Tentu selayak kompensasi porsi rupi'ing yang disepakati.
Setidaknya, inilah bentuk konsep kearifan lokal yang sudah lama terjalin. Habblum minannas... sosialisasi antar manusia.... kedekatan manusia dengan alam. Dan sekaligus paket kesetaraan mahluk dihadapan sang Pencipta. Mensyukuri berkah yang tersedia untuk dimanfaatkan secara arif dan bijaksana. Sinambung lestari.......,



titian bambu...


country road... take me Home


pokok pohon mati...biasa menjadi salah satu tempat mukim yg biasa
disukai
kawanan Apis dorsata.



para ibu pemetik daun kecipir


bunga liar... disalah satu sudut liku setapak
mengundang selera serangga hutan untuk mampir hirup nektar...,

spot terbuka... huma diatas bukit


jalur lintas bukit yang menuju Kawasan Hutan Lindung Kerandangan, Senggigi

boleh narsis daripada anarkis!!!!

No comments:

Post a Comment