Thursday, November 5, 2009

figur Bidara asal Arab....

kebetulan dapet vegetasi tkait. Bidara negri asal Arab.... secara fisik hampir sama dengan pohon "Goal" asal lokal sumbawa. Batang pokok punya kulit rekah-rekah. Ranting kurus dan di lengkapi duri khas. Beda spesifik pada ukuran daun. Bidara asal pulau Sumbawa lebih kecil-kecil. Sementara punya Arab ini lebih lebar luas penampang daun-nya, hampir 3X ukuran daun bidara pulau Sumbawa.



6 comments:

  1. saya punya pohon bidara mirip ini, tapi apakah yang versi Indonesia tak bisa untuk ruqyah dan memandikan jenzah?

    ReplyDelete
  2. mungkinkah kita memelihara pohon yang asli dari sana (arab)?

    ReplyDelete
  3. mbak Saisyah,
    maap br liat pesan anda. klo di NTB agak jarang dengar fungsi daun bidara di pake mandiin jenasah, apalagi sbg media rugyah.

    jenis Bidara asal Arab ini bs di tanam di Indonesia, sampel yg sy foto d atas adalah Bidara yg ditanam kakak misan sy. Bibitx di bawa waktu naik Haji. Agaknya bidara mmg mudah beradaptasi, krn jenis yg gak btuh perawatan njelimet. maklum kategori vegetasi lahan kering.

    ReplyDelete
  4. dimana ya kalau kita membeli daun bidara yg asli??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya asli gimana? pohon yg arab or yg lokal? butuh seberapa banyak sih?

      Delete
  5. Asslm Wlkm Wr Wb di sekitar tempat tinggal kami di Bali Selatan banyak pohon Bidara tumbuh secara alami karena memang iklim nya sangat sesuai , daerah yang agak kering namun cukup curah hujan dan kaya sinar matahari , kalau memang diperlukan kami akan coba bantu mengirimkan daun atau bibit sesuai ketersediaan dan kemampuan kami . Mohon di info alamat lengkap semoga bermanfaat . Wasslam ( bandisa@digirez.com)

    ReplyDelete