Tuesday, November 17, 2009

sebaran bidara di Lombok

17 November 2009
Perjalanan kemarin ke Pelangan (Sekotong Timur)jd pluang tersendiri mengamati vegetasi Bidara laut. Rupanya masih tersedia cukup banyak sebaran di sepanjang pesisir wilayah Sekotong. Setidaknya cukup sebagai gambaran kesamaan sebaran kemiripan antara pulau Lombok dan Sumbawa. Lingkup lansekap Nusa Tenggara Barat.
Secara fisik hampir sama. tipikal penampang daun kecil-kecil. sekitar 2-3 Cm. Tampak berbeda dengan diameter daun pohon Bidara, vegetasi asli tanah Arab (lihat posting sebelumnya)..
Dari sekedar pengamatan cepat...rapid observasi, Beberapa vegetasi Bidara mulai kelihatan dari sejak menelusuri daerah Lembar. Semenanjung lingkar liuk aspal di pesisir pinggir pantai Sekotong, hingga mencapai Pelangan dan kawasan Bangko-Bangko. Secara fisik kondisi alam berparas kering kerontang. Layaknya lansekap Sumbawa. Sudah menjadi tipikal khas kawasan kering di garis Wallacea.
Lompat ke wilayah timur pulau Lombok, kumpulan vegetasi bidara juga masih banyak ditemui. Terlebih bila kita menyempatkan diri mengunjungi gugus salah satu pulau dengan debut Gili Lampu. Di juluki gili Lampu oleh warga karena memang terpasang onggok mercusuar, tepatnya di Gili Petagan. While, masih tersedia 2 gili kecil lain. Gili Kondo dan 1-nya lagi memang berjuluk khas vegetasi dominan, yaitu gili BIDARA.




Foto lampiran terakhir:
ini adalah sedikit kilas ungkap singkat wajah pulau Petagan, yang merupakan gugus pulau bertetangga dengan gili Kondo dan gili Bidara. Umumnya tandus...dan sedikit menampilkan aura Sabana dengan hamparan ilalang kering. Sehingga menampilkan dominasi sebaran vegetasi yg mampu beradaptasi dengan cuaca terik. Semisal Kaktus liar. Bidara dan beberapa asosiasi mangrove.
Kini pulau Petagan kian semarak Hijau sepanjang lingkar timur pulau. Karena eks lokasi proyek penghijauan yang pernah di tangani dalam kerjasama bilateral 2 negara. Indonesia - Jepang, melalui kolaborasi instansi alur departeman Kehutanan dan JICA. (Japan-International Cooperation Agency)

No comments:

Post a Comment